Purchasing
Bagian : Accounting
Department
Seksi : Purchasing Section
Atasan Langsung : General Manager, Accounting and
Office Manager
a. Fungsi
1) bertanggung
jawab atas kelancaran operasional di Purchasing Section yang menyangkut
kegiatan pengadaan barang-barang keperluan operasional yaitu makanan, minuman,
persediaan, dan barang-barang keperluan hotel lainnya
2) melaksanakan
tugas-tugas lain yang diberikan oleh General Manager maupun Accounting and
Office Manager
b. Uraian Tugas
1) Tugas
Harian (Daily)
- a) meneliti staf Purchasing Section yang hadir sesuai dengan jadwal kerja yang berlaku
- b) membimbing dan mengawasi pelaksanaan kerja di Purchasing Section
- c) memilih vendor-vendor yang memenuhi persyaratan sebagai Daftar Rekanan Mampu (DRM) dengan kondisi yang disetujui kedua belah pihak, dengan syarat sebagai berikut:
1. mempunyai
ijin usaha
2. mempunyai
Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP)
3. tercantum
dalam Daftar Rekanan Mampu (DRM) – DIY atau langganan YIH, kecuali langganan
dan market
- d) meneliti dan menandatangani semua Purchase Request dan Store untuk pembelian yang sifatnya Re-Order Level (ROL) atau rutin untuk stok maupun yang sifatnya Direct Purchase (Direct Issue) atau emergency
- e) mencari penawaran harga untuk pembelian-pembelian baik yang bersifat Re-Order Level maupun Direct Purchase (Direct Issue)/quotation 3 vendor, dengan pertimbangan harga yang layak, kualitas barang layak dan pembayaran yang bersifat menguntungkan
- f) menindaklanjuti Purchase Request yang telah lengkap dengan tanda tangan persetujuan dan semua pihak yang berkepentingan dengan dibuatkan Purchase Order
- g) memilih vendor yang sesuai dan layak untuk merealisasi Purchase Request dan menandatangani Purchase Order sebelum diajukan kepada General Manager
- h) menyerahkan Purchase Order kepada vendor yang terpilih sesuai ketentuan yang terdapat dalam Purchase Order
- i) mengelola House Bank yang ada dan membayar kembali (reimburse) semua pembayaran tunai kepada General Cashier
- j) melengkapi dokumen atau data-data untuk pembayaran pada setiap voucher payable yang masih kurang lengkap
- k) berhubungan dengan rekanan atau vendor untuk kelancaran proses pengadaan atau pembelian barang, serta menindaklanjuti Purchase Request maupun Purchase Order yang belum terealisasi untuk segera diselesaikan
- l) melaksanakan instruksi-instruksi dan General Manager maupun Accounting and Office Manager yang berhubungan dengan kedinasan yang layak
- m) Tugas Mingguan (Weekly)
- n) meneliti kembali Purchase Request maupun Purchase Order yang belum terealisasi dan segera menindaklanjuti
2) Tugas
Bulanan (Monthly)
- a) meneliti kembali Purchase Request maupun Purchase Order yang belum terealisasi dan segera menindaklanjuti
- b) Tugas Tahunan (Yearly)
i) menyusun
program rencana kerja Purchasing Section
ii) memberikan
penilaian atas kecakapan/prestasi kerja pegawai staf Purchasing
3) Tugas
Lain-Lain (Insidental)
- a) konsultasi dengan General Manager, Accounting and Office Manager maupun Department Head yang bersangkutan untuk kelancaran proses pembelian barang yang menyangkut jenis barang, merek, spesifikasi, dan mutu barang
- b) menyesuaikan harga pembelian barang berdasarkan survei pasar yang dilakukan oleh Cost Control dan tim
- c) mengadakan proof atau konfirmasi atas barang-barang cetakan dan barang-barang lainnya kepada yang bersangkutan
mantap
BalasHapusSesuai dengan job description of purchasing system hotel management thanks.
BalasHapus