Akuntansi Perhotelan

JobDes - Purchasing

 on Selasa, 28 Maret 2017  

Purchasing
Jabatan                           : Purchasing
Bagian                            : Accounting Department
Seksi                               : Purchasing Section
Atasan Langsung           : General Manager, Accounting and Office Manager
a.   Fungsi
   1) bertanggung jawab atas kelancaran operasional di Purchasing Section yang menyangkut kegiatan pengadaan barang-barang keperluan operasional yaitu makanan, minuman, persediaan, dan barang-barang keperluan hotel lainnya
2)    melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh General Manager maupun Accounting and Office Manager
b.   Uraian Tugas
1)    Tugas Harian (Daily)
  • a)    meneliti staf Purchasing Section yang hadir sesuai dengan jadwal kerja yang berlaku
  • b)    membimbing dan mengawasi pelaksanaan kerja di Purchas­ing Section
  • c)    memilih vendor-vendor yang memenuhi persyaratan sebagai Daftar Rekanan Mampu (DRM) dengan kondisi yang disetujui kedua belah pihak, dengan syarat sebagai berikut:
1.    mempunyai ijin usaha
2.    mempunyai Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP)
3.    tercantum dalam Daftar Rekanan Mampu (DRM) – DIY atau langganan YIH, kecuali langganan dan market
  • d)    meneliti dan menandatangani semua Purchase Request dan Store untuk pembelian yang sifatnya Re-Order Level (ROL) atau rutin untuk stok maupun yang sifatnya Direct Purchase (Direct Issue) atau emergency
  • e)    mencari penawaran harga untuk pembelian-pembelian baik yang bersifat Re-Order Level maupun Direct Purchase (Di­rect Issue)/quotation 3 vendor, dengan pertimbangan harga yang layak, kualitas barang layak dan pembayaran yang bersifat menguntungkan
  • f)     menindaklanjuti Purchase Request yang telah lengkap dengan tanda tangan persetujuan dan semua pihak yang berkepentingan dengan dibuatkan Purchase Order
  • g)    memilih vendor yang sesuai dan layak untuk merealisasi Purchase Request dan menandatangani Purchase Order sebelum diajukan kepada General Manager
  • h)    menyerahkan Purchase Order kepada vendor yang terpilih sesuai ketentuan yang terdapat dalam Purchase Order
  • i)      mengelola House Bank yang ada dan membayar kembali (reim­burse) semua pembayaran tunai kepada General Cashier
  • j)      melengkapi dokumen atau data-data untuk pembayaran pada setiap voucher payable yang masih kurang lengkap
  • k)    berhubungan dengan rekanan atau vendor untuk kelancaran proses pengadaan atau pembelian barang, serta menindak­lanjuti Purchase Request maupun Purchase Order yang belum terealisasi untuk segera diselesaikan
  • l)      melaksanakan instruksi-instruksi dan General Manager maupun Accounting and Office Manager yang berhubungan dengan kedinasan yang layak
  • m)  Tugas Mingguan (Weekly)
  • n)    meneliti kembali Purchase Request maupun Purchase Order yang belum terealisasi dan segera menindaklanjuti

2)    Tugas Bulanan (Monthly)
  • a)    meneliti kembali Purchase Request maupun Purchase Order yang belum terealisasi dan segera menindaklanjuti
  • b)    Tugas Tahunan (Yearly)
i)      menyusun program rencana kerja Purchasing Section
ii)     memberikan penilaian atas kecakapan/prestasi kerja pegawai staf Purchasing
3)    Tugas Lain-Lain (Insidental)
  • a)    konsultasi dengan General Manager, Accounting and Office Manager maupun Department Head yang bersangkutan untuk kelancaran proses pembelian barang yang menyang­kut jenis barang, merek, spesifikasi, dan mutu barang
  • b)    menyesuaikan harga pembelian barang berdasarkan survei pasar yang dilakukan oleh Cost Control dan tim
  • c)    mengadakan proof atau konfirmasi atas barang-barang cetakan dan barang-barang lainnya kepada yang bersangkutan
JobDes - Purchasing 4.5 5 Warko Sandiwirya Selasa, 28 Maret 2017 Purchasing Jabatan                            : Purchasing Bagian                             : Accounting Department Seksi        ...


2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.